Rangkuman Pernyataan Jokowi Ingatkan TNI Polri, ASN, Hingga Pejabat Publik Harus Netral di Pemilu

Kolase Tribunnews/istimewa

Presiden Jokowi di Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (24/1/2024) dan Jokowi dalam pidato di acara penyerahan bantuan Program Indonesia Pintar, di Blora, Jawa Tengah, Selasa (23/1/2024). 

TRIBUNJABAR.ID – Presiden Jowo Widodo menuai kritik dari berbagai kalangan.

Hal ini menyusul pernyataannya yang menyebutkan presiden dan menteri boleh berkampanye dalam pemilihan umum (Pemilu).

Jokowi menambahkan bahwa presiden juga boleh kampanye dan memihak kepada calon tertentu dalam kontestasi pesta demokrasi.

Jika dirunut ke belakang, pernyataan orang nomor satu republik ini berbanding terbalik saat ia mengingatkan bahwa ASN, TNI-Polri hingga penjabat kepala daerah agar tidak memihak.

Berikut rangkuman pernyataan Jokowi spal netralitas di Pemilu 2024 yang dirangkung Tribunnews.com 

1. Jokowi Ingatkan TNI-Polri Netral

Jokowi mengatakan bahwa pemerintah daerah baik itu Kabupaten, kota, serta provinsi dan juga pemerintah pusat harus Netral.

“ASN semua harus netral, TNI semua harus netral, Polri, semua harus netral,” kata Jokowi usai meninjau tol Ibu Kota Nusantara  di Kalimantan Timur, Rabu (1/11/2023).

Hal tersebut dikatakan Jokowi saat merespons pemindahan baliho pasangan Ganjar-Mahfud serta atribut partai PDIP saat dirinya kunjungan kerja ke Gianyar Bali, Senin 31 Oktober 2023.

Jokowi juga mengingatkan bahwa setiap pemindahan atribut partai, pemerintah daerah harus meminta izin dan berkomunikasi kepada pengurus partai di wilayah tersebut.

Komunikasi dengan pengurus partai di daerah kata Jokowi menjadi sangat penting agar tidak terjadi kesalahpahaman antara pemerintah dengan partai politik karena memindahkan atribut partai.

 “Jangan sampai nanti terjadi miskomunikasi dan menjadikan semuanya tidak baik,” tuturnya.

2. Jokowi Minta KPU Netral di Pemilu 2024

Presiden Jokowi mengumpulkan para petugas KPU pusat dan daerah di Jakarta, Sabtu (30/12/2023).

 

Updated: Januari 25, 2024 — 8:16 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *