Kecoa, Makhluk yang Bisa Bernafas Lewat Seluruh Bagian Tubuh

Jakarta

Kecoa merupakan salah satu serangga yang kerap dianggap menjijikan oleh banyak orang. Keberadaannya sangat amat tidak disukai karena mereka biasa datang dari tempat-tempat yang tidak bersih bahkan cenderung kotor. Serangga yang satu ini sudah pasti akan segera dibunuh apabila ditemukan. Namun, sayangnya binatang ini cukup sulit untuk dibunuh dengan berbagai cara.

Kecoa yang Bisa Bernafas Lewat Seluruh Bagian Tubuh

Meskipun kecoa memang sangat tidak diharapkan untuk muncul di ruang- ruang rumah, serangga yang satu ini ternyata memiliki keunikan yang tidak semua orang tahu, lho. Kecoa ternyata tidak memiliki paru-paru , melainkan spirakel.

Spirakel yang menjadi organ pernapasan kecoa itu sendiri merupakan lubang yang ada di setiap segmen tubuhnya. Organ pernapasan spirakel ini dapat menutup dan membuka dengan posisi yang berpasangan di setiap segmen tubuh. Spirakel ini juga memungkinkan pertukaran gas karbon dioksida dengan oksigen terjadi di setiap segmen tubuh, layaknya organ pernapasan makhluk hidup lainnya.

Fakta unik lainnya tentang serangga yang satu ini adalah kemampuannya dalam menahan napas selama 40 menit meski terendam di air selama 30 menit. Hal ini kerap dilakukan oleh kecoa untuk membantu menghilangkan air yang melekat pada tubuhnya.

Meskipun serangga yang satu ini dianggap sangat menjijikan karena dapat membawa bakteri dan kuman yang bisa menyebabkan berbagai penyakit pada manusia, faktanya kecoa memiliki keunikan dan ketangguhannya tersendiri, ya?

(DIP/tim) 

Updated: Maret 9, 2024 — 8:00 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *