8 Persiapan Sebelum Olahraga untuk Hasil yang Optimal

tips sehat

Persiapan yang tepat dan optimal sebelum olahraga bisa memberikan hasil yang luar biasa.

Berolahraga perlu dilakukan secara rutin demi kesehatan dan kebugaran tubuh kita. Persiapan yang tepat sebelum berolahraga bisa sangat membantu agar tubuh memperoleh manfaat luar biasa.

Persiapan sebelum latihan yang tepat bisa sangat membantu untuk memperoleh hasil yang maksimal. Persiapan yang buruk bisa mengakibatkan sesi latihan yang kurang efektif atau bahkan cedera.

Untuk memperoleh hasil yang optimal, penting untuk mempersiapkan diri secara tepat sebelum berolahraga. Dilansir dari Muscle and Fitness, berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda lakukan sebelum berolahraga.

Makan

Makan sebelum latihan adalah hal yang penting untuk memastikan tubuh Anda memiliki energi yang cukup. Waktu yang tepat untuk makan sebelum berolahraga bervariasi tergantung pada kebiasaan pencernaan Anda.

Namun, perlu diingat bahwa beberapa orang merasa tidak nyaman jika makan terlalu dekat dengan waktu latihan. Patrick Solano, pakar kesehatan fisik, merekomendasikan makanan yang mengandung karbohidrat dan protein, seperti roti panggang dengan mentega kacang atau buah-buahan.

Minum Cukup Air

Hidrasi yang baik sangat penting sebelum berolahraga. Sebagai panduan umum, American College of Sports Medicine merekomendasikan minum 20 ons (sekitar 590 ml) air sebelum berolahraga.

Namun, hindari minum terlalu banyak air tepat sebelum latihan, karena ini dapat mengganggu performa latihan dan membuat Anda lebih sering buang air kecil. Minum terlalu banyak juga berisiko membuat perut menjadi kembung.

Gunakan Suplemen Pra-latihan dengan Tepat

Suplemen pra-latihan bukanlah keharusan, tetapi mereka dapat membantu meningkatkan fokus dan memberikan energi tambahan.

Solano menyarankan mengonsumsi suplemen pra-latihan yang mengandung kafein dan asam amino sekitar 30 menit sebelum latihan. Namun, pastikan untuk menggunakan suplemen ini dengan bijak dan sesuai dosis yang dianjurkan.

Rencanakan Latihan dengan Baik

Sebelum memulai latihan, penting untuk memiliki rencana yang jelas tentang apa yang akan Anda lakukan. Solano merekomendasikan untuk mengetahui berapa banyak pengulangan, set, beban, dan periode istirahat yang akan Anda lakukan agar latihan lebih efisien dan efektif.

Lakukan Pemanasan Aerobik

Pemanasan yang baik akan meningkatkan suhu otot dan aliran darah. Pemanasan aerobik dapat dilakukan dengan berolahraga pada treadmill, sepeda statis, atau mesin rowing dengan intensitas rendah hingga sedang selama sekitar lima menit. Tujuannya adalah agar Anda mulai berkeringat tanpa perlu berlebihan.

Lakukan Pemanasan dengan Foam Roller

Penggunaan foam roller sebelum latihan dapat membantu melonggarkan otot-otot Anda dan mempersiapkan tubuh untuk gerakan-gerakan selama latihan. Gunakan foam roller selama sekitar satu menit untuk merilekskan otot-otot yang akan Anda gunakan selama latihan.

Lakukan Pemanasan Dinamis

Pemanasan dinamis melibatkan gerakan yang lebih aktif untuk mempersiapkan tubuh Anda secara keseluruhan. Anda dapat melakukan gerakan-gerakan ringan yang melibatkan berbagai otot tubuh Anda, seperti bahu, lutut, dan pergelangan tangan. Ini akan membantu mempersiapkan tubuh untuk latihan intensif.

Siapkan Lagu yang Tepat

Mendengarkan musik yang memotivasi dapat membantu meningkatkan semangat Anda saat berolahraga. Patrick Solano menyarankan untuk mendengarkan lagu dengan kecepatan antara 120-140 detak per menit, karena lagu-lagu dengan tempo ini telah terbukti efektif untuk latihan.

Memulai latihan dengan persiapan yang baik dapat membantu Anda mencapai hasil yang optimal. Sejumlah hal ini bisa membantu Anda merasa lebih siap dan termotivasi untuk menjalani sesi latihan.

Rekomendasi

News

Pemprov Jateng dapat Bantuan Hibah Gedung dari Balai Bahasa, Digunakan untuk Ini

Pemprov Jateng berjanji hibah itu akan dipelihara dan dimanfaatkan secara optimal

Baca Selengkapnya

Rekomendasi

Bahlil Lahadalia

Luhut Masih Dirawat, Bahlil: Tanpa Opung Koordinasi Kurang

Bahlil mendoakan Luhut cepat pulih karena tanpa adanya Luhut koordinasi menjadi kurang optimal.

Baca Selengkapnya

Rekomendasi

Ganjar Pranowo dan Mahfud MD

Mahfud MD: Indonesia Tidak akan Berkah jika Pemilu Tidak Baik

Cawapres nomor urut 03 Mahfud MD optimistis bisa optimal meraup suara dari kalangan santri.

Baca Selengkapnya

Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasivideo untuk kamu.
SWIPE UP

Untuk melanjutkan membaca.

Rekomendasi

Ganjar Pranowo

Solusi Ganjar Atasi Masalah Lapangan Kerja: Optimalisasi Potensi Kelautan dan Pertanian

Ganjar Pranowo ingin mengoptimalisasi sektor kelautan hingga pertanian untuk mengatasi persoalan lapangan pekerjaan di Indonesia.

Baca Selengkapnya

Rekomendasi

News

Hadapi Kemarau Panjang, Ganjar Pranowo Sampaikan Ini saat Tinjau Embung Glebeg Rembang

Ganjar berharap Embung Glebeg bisa dimanfaatkan masyarakat secara optimal.

Baca Selengkapnya

Rekomendasi

olahraga

Berapa Lama Waktu Olahraga yang Ideal? Ketahui agar Tak Berlebihan

Olahraga adalah kegiatan yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun, banyak orang yang bingung tentang berapa lama waktu untuk melakukannya.

Baca Selengkapnya

Rekomendasi

Berita Kementan

Antisipasi Dampak El Nino, Ditjen PSP Kementan Kembangkan Optimasi Lahan Kering

Salah satunya upayanya yakni mengembangkan optimasi lahan kering guna meningkatkan produksi pertanian di berbagai wilayah Indonesia.

Baca Selengkapnya

 

Updated: Januari 24, 2024 — 6:00 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *